LDII

LDII
Official Website
Sabtu, November 16, 2013
One komentar

Menghapus Virus Pop-Up ib.Adnxs.com

10:48 PM


Beberapa hari ini, PC (Personal Computer) rumah tidak bisa membuka Bonus Video Hafidz AlQuran  yang ada di blog ini. Video tersebut berganti dengan iklan aneh entah itu berapa kaki gajah yang terlihat atau iklan dari salah satu ecommerce lokal (maaf belum sempat di print screen tampilan videonya) yang ketika di klik akan membawa kita ke situ yang ga kalah aneh lagi. Kekhawatiran pertama yang muncul, “Apa mungkin videonya dibajak?”
Percobaan pun dilakukan supaya tidak terjadi Suudzon tingkat lanjut ;-)
  1. Membuka www.ldiibandung.blogspot.com dengan laptop (dan ternyata Bonus Video Hafidz AlQuran bisa dibuka dengan sukses dan tidak diganti dengan iklan)
  2. Membuka blog lain yang ada video youtubenya dari PC yang sama (dan kasus yang sama pun berulang – video tersebut ternyata berganti menjadi iklan aneh-aneh)

Usut punya usut, ternyata PC lah yang terinveksi Virus Pop-Up ib.Adnxs

Woke, saatnya bersih – bersih ni,, cari referensi ke Mbah GOOGLE ;-)

Apa itu ib.Adnxs ?

ib.Adnxs merupakan sebuah platform iklan yang digunakan oleh adware (iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program) dan program jahat lainnya untuk menampilkan iklan jenis popup dari situs http://ib.adnxs.com/ pada web browser Anda (Internet Explorer, Firefox dan Google Chrome).




Jika Anda selalu melihat iklan dari ib.adnxs.com ketika sedang berselancar di internet, entah itu sedang melakukan pencarian melalui Google Search ataupun mengunjungi sebuah situs internet, berarti komputer Anda telah terinfenksi oleh Pihar, Tracur, ZeroAccess/Sirefef rootkit, adware atau program yang tidak diinginkan lainnya.

Infeksi virus pop-up ini didesain khusus untuk menghasilkan uang dengan cara menghasilkan web traffic, mengumpulkan lead penjualan untuk situs meragukan lainnya, dengan memanfaatkan web browser Anda untuk menampilkan iklan sponsor.

Terinfeksinya komputer Anda oleh virus ini bisa melalui beberapa cara, bisa langsung ketika Anda yang berkunjung ke situs yang ternyata terinfeksi trojan dan akhirnya menyusup kedalam komputer Anda atau dari spam email yang terinfeksi virus ini, yang mana ketika Anda membuka email tersebut, Anda akan diarahkan ke situs jahat tadi – Langsung hapus email yang mencurigakan.

Sekalinya komputer Anda terinfeksi, virus pop-up ib.adnxs akan menampilkan pop-up iklan di browser Anda dan pada Flash update boxes dengan tujuan menghasilkan keuntungan untuk para penjahat cyber.


Berhati-hati jugalah ketika Anda menginstall sebuah software, karena kadang-kadang sebuah installer software mengandung  optional install, termasuk program adware ib.adnxs  ini. Selalu pilih custom installation dan jangan pilih apapun yang asing bagi Anda terutama optional software yang tidak Anda inginkan untuk di download. Jangan sekali – kali menginstall software yang tidak Anda percayai.

Langkah – langkah menghapus virus pop-up ib.adnxs

Tutorial ini akan menghapus virus pop-up ib.adnxs dari komputer Anda dan adware program lainnya yang mungkin saja sudah terinstall sebelumnya tanpa Anda ketahui -sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui ;-)

Langkah 1: Uninstall ib.Adnxs.com program dari komputer Anda

  1. Klik tombol Start, kemudian pilih Control Panel dan klik di Uninstall a Program. Jika Anda menggunakan Windows 8, cukup pindahkan mouse pointer Anda ke sisi ujung kanan dari layar, kemudian pilih Search dari list dan ketik “control panel” atau Anda dapat klik kanan di tombol hot corner kiri bawah (sebelumnya dikenal sebagai Start button) dan kemudian pilih Control Panel dan pilih Uninstall a program.
  2. Ketika muncul layar Add/Remove Programs atau Uninstall a Program, pada daftar currently installed programs, segera Uninstall program Browse2Save, WebCake 3.00, DownloadTerms 1.0, LessTabs, TidyNetwork.com, BrowserDefender, Selection Links, SimpleLyrics dan program lainnya yang tidak diinginkan dari komputer Anda.


Tergantung dari program yang telah menginstall ib.Adnxs.com, eberapa program yang disebutkan tadi mungkin saja memiliki nama yang berbeda atau tidak terinstall pada komputer Anda – Jangan khawatir dulu, santai saja ;-)
Jika Anda tidak bisa menemukan program yang telah menginstall ib.Adnxs.com secara langsung, Anda dapat meneruskan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Menghapus ib.Adnxs.com dari browse Anda

Menghapus ib.Adnxs.com dari Internet Explorer
  1. Buka Internet Explorer, klik pada gear icon (Tools pada pengguna windows XP) yang terdapat di atas (paling kanan) kemudiak klik lagi di Internet Options.
  2. Pada dialog box dari Internet Options, klik pada Advanced tab dan kemudian klik tombol Reset
  3. Pada layar Reset Internet Explorer settings, check pada Delete personal setting box dan kemudian klik Reset
  4. Ketika Internet Explorer selesai mereset, klik tombol Close yang terdapat di confirmation dialogue box dan klik OK.
  5. Tutup dan kemudian buka kembali Internet Explorer Anda.




Menghapus ib.Adnxs.com dari Mozilla Firefox
  1. Pada bagian paling atas dari jendela Firefox, klik tombol Firefox,  kemudian pilih Help di sub-menu (pada Windows XP, klik Help menu pada bagian atas dari jendela Firefox) dan pilih Troubleshooting Information.
  2. Klik tombol Reset Firefox pada sisi pojok kanan atas dari halaman Troubleshooting information.
  3. Firefox akan tertutup dan di reset. Ketika prosesnya sudah selesai, sebuah layar akan muncul dan me-list informasi yang sudah di import. Klik Finish




Menghapus ib.Adnxs.com dari Google Chrome
  1. Menghapus ib.Adnx extensions pada Google Chrome ->Klik ikon  Chrome menu (sisi pojok kanan atas) pada browser toolbar dan pilih Tools dan klik di Extensions.
  2. Pada tab Extensions, hapus (dengan cara mengklik pada ikon Recycle Bin) GetLyrics, DownloadTerms 1.0, Browse2Save, TidyNetwork.com, WebCake dan extensions lainnya yang tidak dikenal dari Google Chrome.


Langkah 3: Menghapus ib.Adnxs.com adware dari komputer Anda dengan AdwCleaner

  1. Download AdwCleaner Utility disini (ini akan secara otomatis mendownload AdwCleaner ke komputer Anda)
  2. Sebelum menjalankan program AdwCleaner, tutup semua program yang terbuka dan termasuk internet browsers, kemudian klk dua kali pada ikon Adw Cleaner – ikuti arahan yang muncul

Langkah 4: Menghapus ib.Adnxs.com browser hijacker dengan menggunakan Junkware Removal Tool

  1. Download Junkware Removal Tool Utility disini (ini akan secara otomatis mendownload Junkware Removal Tool Utility ke komputer Anda)
  2. Ketika Junkware Removal Tool sudah selesai di download, klik dua kali pada ikon JRT.exe – ikuti arahan yang muncul

Langkah 5: Menghapus virus ib.Adnxs.com menggunakan Malwarbytes Anti-Malware Free

  1. Download Malwarbytes Anti-Malware Free disini
  2. Ketika Malwarbytes Anti-Malware Free sudah selesai di download, klik dua kali pada ikon setup – ikuti arahan yang muncul


Langkah 6: Double Check virus ib.Adnxs.com menggunakan HitmanPro

  1. Download HitmanPro disini
  2. Ketika HitmanPro sudah selesai di download, klik dua kali pada ikon setup – ikuti arahan yang muncul

Alhamdulillah, akhirnya komputer kita terbebas dari virus ib.Adnxs.com. :)





1 komentar:

  1. Terima kasih banyak Ilmu yang sangat bermanfaat ini semoga barokah.....

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top