LDII

LDII
Official Website
Jumat, Oktober 09, 2009
0 komentar

Manfaat Mentimun

Manfaat Dibalik Kesegaran Mentimun


Buah mentimun memang cukup akrab dijumpai dipasaran. Sebagai sayuran, lalapan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman segar. Selain sebatas dimanfaatkan sebagai campuran makanan, dibalik kesegaran daging buahnya yang mengandung banyak air ini tersimpan banyak manfaat.

Kandungan Gizi Mentimun

Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah, rasa mentimun yang segar juga enak diolah sebagai campuran sayuran. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Mentimun dikatakan juga mengandung 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor.

Manfaat apalagi yang bisa dipetik
  1. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.
  2. Apabila Anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji timun. Caranya : sedikit biji timun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.
  3. Penyakit pening-pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit disentri.
  4. Mentimun juga sering dimanfaatkan sebagai obat kecantikan alami. Ambil buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.
  5. Pemakaian luar. Buah mentimun secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.
  6. Selain mampu menurunkan deman dalam waktu singkat, dan meluruhkan darah tinggi, mentimun juga dapat membersihkan ginjal.
Cara Pemakaian

Tekana Darah Tinggi
Dua buah mentimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali. sehari.

Sariawan
Setiap hari makan buah mentimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin.

Membersihkan Ginjal
Mentimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

Demam
Mentimun secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.

Jerawat
Buah mentimun dicuci lalu diiris-iris. Irisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari.

Untuk Obat Haid yang Tidak Teratur
Giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambang colok, tambahkan air garam secukupnya, kemudian diusapkan ke perut, lalu balut dan lakukan dua kali sehari.

Menjaga Kecantikan dengan Mentimun

Astringent Mentimun
Salah satu cara mudah untuk mengurangi kilauan minyak di kulit berminyak. Potong setengah mentimun, kupas dan masukkan dalam blender dan blender hingga lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Basuh dengan air dingin dan tepuk-tepuk ringan wajah hingga kering.

Masker Mentimun - Avokad
Formula ini berfungsi untuk semuanya perawatan, mengecilkan pori-pori, dan membantu mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit lebih segar.
Blender semua bahan hingga lembut : setengah cangkir parutan mentimun, setengah cangkir avokad, 1 putih telur, 2 sendok teh susu bubuk.
Dinginkan selama 30 menit, lalu oleskan di wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Percikan air dingin setelahnya lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Masker Pembersih Kulit
Jika Anda biasanya bermasalah dengan noda-noda di wajah, masker ini akan membantu mencegahnya.
Blender sampai halus bahan-bahan : setengah metimun dikupas, 1 sendok makan susu tanpa lemak, 1 sendok makan yoghurt.
Oleskan di wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

Perawatan Agar Kulit Bersinar
Jika kulit Anda kusam dan berminyak, resep satu ini akan membantu untuk membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan bersinar.
Satu sendok teh selai mentimun, tambahkan sedikit air mawar.
Oleskan di wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Meredakan Mata Sembab
Kurang tidur biasanya membuat mata kita jadi sembab, tapi tak usah khawatir mentimun dapat membantu mengatasi masalah ini. Potong 2 iris mentimun, berbaringlah dan letakkan potongan tersebut di masing-masing mata Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu angkat.

Mengurangi Lingkaran Gelap di Bawah Kelopak Mata
  1. Oleskan selai mentimun, bisa sendiri atau dicampur dengan jus wortel di bagian lingkaran hitam dibawah mata. Biarkan selama 20 menit lalu basuh dengan air dingin.
  2. Campurkan selai mentimun dengan susu dan dinginkan selama 30 menit. Oleskan dibagian bawah mata dan biarkan selama 20 menit. Basuh dnegan air dingin.
Mentimun tidak tahan lama, jadi pastikan menggunakan setiap resep kecantikan tersebut diatas segera setelah membuatnya. Selamat mencoba.

Sumber :
LautanIndonesia.Com
http://jasminehc.blog.com/
Wikipedia
Kapanlagi.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top