Pertumbuhan beliau
Nama: Muhammad bin Yazid
bin Mâjah al Qazwînî.
Nama
yang lebih familiar adalah Ibnu Mâjah yaitu laqab bapaknya (Yazîd). Bukan nama
kakek beliau.
Kuniyah
beliau: Abu ‘Abdullâh.
Nasab
beliau:
1. Ar
Rib’I; merupakan nisbah wala` kepada Rabi’ah, yaitu satu kabilah arab.
2. al
Qazwînî adalah nisbah kepada Qazwîn yaitu nisbah kepada salah satu kota yang
terkenal di kawasan ‘Iraq.
Tanggal lahir:
Ibnu
Majah menuturkan tentang dirinya; “aku dilahirkan pada tahun 209 hijirah.
Referensi-referensi yang ada tidak memberikan ketetapan yang pasti, di mana
Ibnu Majah di lahirkan, akan tetapi masa pertumbuhan beliau beradaA di Qazwin.
Maka bisa jadi Qazwin merupakan tempat tinggal beliau.
Aktifitas beliau dalam menimba ilmu
Ibnu
majah memulai aktifitas menuntut ilmunya di negri tempat tinggalnya Qazwin.
Akan tetapi sekali lagi referensi-referensi yang ada sementara tidak
menyebutkan kapan beliau memulai menuntut ilmunya. Di Qazwin beliau berguru
kepada Ali bin Muhammad at Thanafusi, dia adalah seorang yang tsiqah, berwibawa
dan banyak meriwayatkan hadits. Maka Ibnu Majah tidak menyia-nyiakan kesempatan
ini, dia memperbanyak mendengar dan berguru kepadanya. Ath Thanafusi meninggal
pada tahun 233 hijriah, ketika itu Ibnu Majah berumur sekitar 24 tahun. Maka
bisa di tarik kesimpulan bahwa permulaan Ibnu Majah menuntut ilmu adalah ketika
dia berumur dua puluh tahunan.
Ibnu
Majah termotivasi untuk menuntut ilmu, dan dia tidak puas dengan hanya tinggal
di negrinya, maka beliaupun mengadakan rihlah ilmiahnya ke sekitar negri yang
berdampingan dengan negrinya, dan beliau mendengar hadits dari negri-negri
tersebut.
Rihlah beliau
Ibnu
Majah meniti jalan ahli ilmu pada zaman tersebut, yaitu mengadakan rihlah dalam
rangka menuntut ilmu. Maka beliau pun keluar meninggalkan negrinya untuk mendengar
hadits dan menghafal ilmu. Berkeliling mengitari negri-negri islam yang
menyimpan mutiara hadits. Bakat dan minatnya di bidang Hadis makin besar. Hal
inilah yang membuat Ibnu Majah berkelana ke beberapa daerah dan negri guna
mencari, mengumpulkan, dan menulis Hadis.
Puluhan
negri telah ia kunjungi, antara lain:
Khurasan;
Naisabur dan yang lainnya
1. Ar
Ray
2. Iraq;
Baghdad, Kufah, Wasith dan Bashrah
3. Hijaz;
Makkah dan Madinah
4. Syam;
damasqus dan Himsh
5. Mesir
Guru-guru beliau
Ibnu
Majah sama dengan ulama-ulama pengumpul hadits lainnya, beliau mempunyai guru
yang sangat banyak sekali. Diantara guru beliau adalah;
1. ‘Ali
bin Muhammad ath Thanâfusî
2. Jabbarah
bin AL Mughallas
3. Mush’ab
bin ‘Abdullah az Zubair
4. Suwaid
bin Sa’îd
5. Abdullâh
bin Muawiyah al Jumahî
6. Muhammad
bin Ramh
7. Ibrahîm
bin Mundzir al Hizâmi
8. Muhammad
bin Abdullah bin Numair
9. Abu
Bakr bin Abi Syaibah
10. Hisyam
bin ‘Ammar
11. Abu
Sa’id Al Asyaj
Dan
yang lainnya.
Murid-murid beliau
Keluasan
‘ilmu Ibnu Majah membuat para penuntut ilmu yang haus akan ilmu berkeliling dalam
majlis yang beliau dirikan. Maka sangat banyak sekali murid yang mengambil ilmu
darinya, diantara mereka adalah;
1. Muhammad
bin ‘Isa al Abharî
2. Abu
Thayyib Ahmad al Baghdadî
3. Sulaiman
bin Yazid al Fami
4. ‘Ali
bin Ibrahim al Qaththan
5. Ishaq
bin Muhammad
6. Muhammad
bin ‘Isa ash Shiffar
7. ‘Ali
bin Sa’îd al ‘Askari
8. Ibnu
Sibuyah
9. Wajdî
Ahmad bin Ibrahîm
Dan
yang lainnya.
Persaksian para ulama terhadap beliau
1. Al
HafizhAl Khalili menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang yang tsiqah kabir,
muttafaq ‘alaih, dapat di jadikan sebagai hujjah, memiliki pengetahuan yang
mendalam dalam masalah hadits, dan hafalan.”
2. Al
Hafizh Adz Dzahabi menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang hafizh yang agung,
hujjah dan ahli tafsir.”
3. Al
Mizzi menuturkan; “(Ibnu Majah) adalah seorang hafizh, pemilik kitab as sunan
dan beberapa hasil karya yang bermanfa’at.”
4. Ibnu
Katsîr menuturkan: “Ibnu Majah adalah pemilik kitab as Sunnan yang Masyhur. Ini
menunjukkan ‘amalnya, ‘ilmunya, keluasan pengetahuannya dan kedalamannya dalam
hadits serta ittibâ’nya terhadap Sunnah dalam hal perkara-perakra dasar maupun
cabang.
Hasil karya beliau
Ibnu
Majah adalah seorang ulama penyusun buku, dan hasil karya beliau cukuplah
banyak. Akan tetapi sangat di sayangkan, bahwa buku-buku tersebut tidak sampai
ke kita. Adapun diantara hasil karya beliau yang dapat di ketahui sekarang ini
adalah:
1. Kitab
as-Sunan yang masyhur
2. Tafsîr
al Qurân al Karîm
3. Kitab
at Tarîkh yang berisi sejarah mulai dari masa ash-Shahâbah sampai masa beliau.
Wafatnya beliau
Beliau
meninggal pada hari senin, tanggal duapuluh satu ramadlan tahun dua ratus tujuh
puluh tiga hijriah. Di kuburkan esok harinya pada hari selasa. Semoga Allah
selalu melimpahkan rahmat dan keridlaan-Nya kepada beliau.
Sumber : www.lidwa.com
thanks gan info yg uptodate di tunggu.ajkr
BalasHapus